Kamis, 26 Januari 2012

Tips untuk kesehatan mata anak.

Tips untuk kesehatan mata anak.

Langkah muda yang dapat diambil oleh orangtua dan anak dalam mencegah kelelahan mata:

1. Lakukan pemeriksaan rutin

Adalah penting bahwa seorang anak memiliki penglihatan terbaik saat menggunakan peralatan digital. Hal ini dimulai dengan pemeriksaan oleh seorang dokter anak, tidak hanya screening di sekolah. Anak-anak sebaiknya melakukan pemeriksaan mata pertama mereka di usia 6 bulan, kemudian 3 tahun, sebelum memasuki sekolah taman kanak-kanak dan setiap tahun setelahnya.

2. Ikuti aturan 20/20/20

Untuk menghindari gejala kelelahan mata, dokter mata merekomendasikan "aturan 20/20/20". Setiap 20 menit, berhenti dan lihatlah sesuatu yang lain sejauh 20 kaki (6 meter) untuk setidaknya 20 detik.

3. Pastikan pencahayaan yang tepat

Pencahayaan yang buruk menyebabkan kelelahan mata. Kurangin kelelahan dengan menjaga cahaya terang di atas kepala ke jarak minimum dan posisikan lampu meja menyinari meja anda, bukan anda. Letakkan layar komputer ke tempat yang mengurangi pantulan dan silau dari jendela atau lampu-lampu di atas kepala.

4. Membatasi penggunaan peralatan eletronik

Tentukan batasan waktu untuk waktu menonton televisi. Anak-anak yang berusia dibawah 2 tahun sebaiknya tidak diperbolehkan menonton televisi, dan anak-anak yang lebih besar sebaiknya menonton kurang dari 2 jam sehari. Waspadalah dengan berapa lama anak-anak menggunakan peralatan digital dan perhatikanlah gejala kelelahan mata seperti memicingkan mata, menggosok mata dan mengeluh sakit pada punggung, leher atau kepala.

5. Jaga jarak

Semakin dekat jarak mata dengan obyek yang dilihat, semakin keras mata bekerja. Aturan yang baik adalah menggunakan Harmon Distance (jarak antara siku dengan ruas jari pertama) sebagai panduan. Jika seorang anak memegang video game dan peralatan digital lebih dekat daripada Harmon Distance, beritahu dokter mata mereka.

6. Bermain keluar

Tidak hanya terasa senang bermain di luar, tetapi penelitian menunjukkan bahwa bermain di luar membantu mencegah perkembangan myopia. Hanya ingatlah untuk memakai kacamata hitam dan tabir surya.

Tips untuk pencegahan supaya mata minus pada anak anda tidak bertambah.

Tapi bila mata anda sudah terlanjur minus berikut tips menurut dr. Bangkit Damayanti (Tim dokter spesialis mata Eka Hospital BSD) Pencegahan supaya mata minus pada anak anda tidak bertambah adalah sebagai berikut :

  • Pastikan anak anda memakai kacamatanya secara rutin. gunakan kacamata dengan ukuran yang tepat, jangan under koreksi karena akan mempercepat pertambahan minus atau over koreksi karena akan membuat pusing.
  • Jaga jarak baca 40-45 cm pada buku dan jaga jarak pandang 60 cm pada layar komputer.
  • Selalu perhatikan sistem pencahayaan saat anak anda beraktivitas seperti membaca dan menonton TV. Pastikan pencahayaannya cukup dan akurat (tidak membelakangi sinar saat membaca.
  • Cukup gizi dengan makan makanan yang sehat untuk mata.
  • Lakukan aktivitas pemakaian daya penglihatan jarak dekat dan jauh secara bergantian. Misalnya, berhenti membaca setelah 45 menit, kemudian sekitar 5-10 menit pejamkan mata anda. Untuk menit berikutnya lihatlah ke arah yang jauh atau lakukan aktivitas yang tidak memerlukan daya penglihatan jarak dekat, sambil melakukan peregangan.
  • Jangan lupa memperhatikan jadwal aktivitas anak. sebaiknya si anak harus memiliki aktivitas di luar sekolah yang lebih santai dan menyenangkan, contohnya aktivitas di dalam ruangan seperti les musik atau ikut klub olahraga. aktivitas diluar ruangan dapat meningkatkan dopamin yang dapat mencegah pertambahan panjang bola mata.
  • Lakukan pemeriksaan mata pada minus untuk memastikan minus yang diderita anak termasuk dalam golongan yang berbahaya atau termasuk dalam school myopia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar